berbagi ilmu

kaya karena memberi

Garuda vs Garuda

March 18th, 2014

Pada saat ini ketika mencari artikel dan ingin mencarinya di portal garuda dapat dipastikan akan mengalami kebingungan. Mengapa? karena bila ketika cari lewat mesin pencari akan ditemukan 2 portal yang hampir mirip yaitu garuda dan portalgaruda. Apakah kedua portal tersebut berbeda? ya berbeda.

Portal Garuda yang beralamatkan di http://garuda.dikti.go.id dikelola oleh Dikti. Garuda disini singkatan Garba Rujukan Digital yang merupakan portal penemuan referensi ilmiah dan umum karya bangsa Indonesia, yang memungkinkan akses e-journal dan e-book domestik, tugas akhir mahasiswa, laporan penelitian, serta karya umum. Portal ini dikembangkan oleh Direktorat Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat Dikti Kemdiknas RI. (sumber: http://garuda.dikti.go.id/)

Sedangkan Portal Garuda yang kedua beralamatkan di http://www.portalgaruda.org dikelola oleh IAES (Institute of Advanced Engineering and Science) Indonesian Section. Portal Garuda yang disini mengindex publikasi dari penerbit jurnal di Indonesia. Pada halaman depan situs tersebut juga dengan jelas terpampang tulisan IPI: Indonesian Publication Index.

 

Apa perbedaan kedua portal tersebut?

1. Portal Garuda Dikti

  • semua PT dapat mengunggah karya ilmiahnya baik secara mandiri dan atau menggunakan OAI
  • artikel yang diunggah meliputi karya ilmiah dosen, mahasiswa, tugas akhir, laporan penelitian, ebook

2. Portal Garuda IPI (IAES)

  • Hanya penerbit/pengelola jurnal dan memiliki ISSN serta telah mendaftar (registrasi) ke IPI yang dapat mengunggah karya ilmiahnya baik secara mandiri dan atau menggunakan OAI
  • artikel yang diunggah hanya artikel jurnal

 

Apa persamaan dari kedua portal tersebut?

  • sama-sama mengindeks hasil karya ilmiah dosen, mahasiswa baik berupa jurnal, ejurnal, buku, ebook, tugas akhir dan sejenisnya agar mudah ditelusur oleh orang banyak
  • pengguna dapat mencari karya ilmiah yang dibutuhkan berupa fulltext

Demikian sedikit penjelasan mengenai kedua portal tersebut yang sama-sama menggunakan nama Garuda. Kiranya penjelasan singkat ini tidak membuat bingung bagi pengguna yang akan mencari artikel ilmiah. Kedua portal tersebut sangat membantu bagi masyarakat yang berkecimpung dalam dunia akademis, pendidikan, penelitian dan sebagainya.

Comments

2 Comments

RSS
  • ALE,. says on: March 25, 2014 at 5:58 am

     

    Baru tahu ada portal macam ini :-D #KatroknyaSaya

    • admin says on: March 26, 2014 at 8:59 am

       

      ga perlu katrok, masih banyak kok yang belum mengetahui, bahkan di kalangan akademis juga begitu. Portal Garuda dari DIKTI juga relatif baru. baru dimulai tahun 2011/2012 kalau tidak salah.

      sedangkan portalgaruda.org malah lebih baru, sekitar akhir tahun 2013, awal 2014

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*